-->

Rabu, 10 Februari 2010

WISATA ALAM

Kabupaten Sarolangun memiliki potensi obyek Wisata Alam,yaitu:

1. Arung Jeram Batang Asai

Arung Jeram Batang Asai ini beralokasi di Desa Tambak Ratu yang berjarak dengan Ibukota Kecamatan Batang Asai sekitar 20 Km. Untuk menuju kelokasi wisata ini dapat ditempuh melalui jalan darat maupun melalui sungai Batang Asai dengan menggunakan perahu tempek. Aliran sungai ini sering digunakan sebagai tempat lomba perahu arung jeram tingkat nasional. Adapun kodisi dari arus sungai yaitu sangat deras, adanya batu-batu yang besar dan tajam yang dapat dijadikan suatu tantangan bagi para petualangan arung jeram.

2. Panorama Alam Bukit Rayo

Panorama Alam Bukit Rayo beralokasi di Desa Cuban dengan ketinggian 1.000 Meter dpl. Jarak dengan Kota Sarolangun sejauh 20 Km dapat ditempuh dengan jalan darat. Dari puncak bukit rayo dapat dengan leluasanya melihat panorama alam yang sangat indah dan terlihat permukiman desa-desa. Untuk dapat melihat objek wisata dengan panorama yang indah ini dapat juga menggunakan fasilitas Terbang Layang, sehingga dapat lebih menikmati dan melihat lebih leluasa keindahan panorama alam Bukit Rayo yang indah ini.

3. Air Terjun

Di Kecamatan Batang Asai terdapat beberapa wisata air terjun, diantaranya adalah :

Air Terjun Batang Narso yang beralokasi di Desa Simpang Narso dengan ketinggian 45 Meter

  • Air Terjun Seluro beralokasi di Desa Raden Anom dengan ketinggian 25 Meter
  • Air Terjun Mudik Neban beralokasi di Desa Batin Pengambang dengan ketinggian 4 Meter,
  • Air Terjun Uba beralokasi di Desa Tambak Ratu dengan ketinggian 7 Meter
  • Air Terjun Narso Kecil beralokasi di Desa Simpang Narso dengan ketinggian 6 Meter
4. Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD)

Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) beralokasi di Kecamatan Pauh. Jarak dengan Kota Sarolangun sekitar 25 Km. Luas dari Hutan Lindung ini seluas 16.763 Ha, yang mana didalam lokasi hutan lindung ini terdapat komunitas adat terpencil yaitu Suku Anak Dalam (SAD) yang berjumlah sekitar 500-700 Jiwa. Selain itu dilokasi ini kaya akan flora dan fauna, dan juga terdapat sumber air panas yang mana dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Wisata TN ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

5. Goa Calau Petak

Gua ini sering disebut masyarakat sekitarnya dengan sebutan Gua Burung Walet yang beralokasi di Desa Bukuit Bulan Kecamatan Limun. Didalam goa ini terdapat ribuan burung walet yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Pemandangan didalamnya masih alami dan sangat indah. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui kendaraan darat sekitar 67 Km dari Pusat Kota Sarolangun dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 Km



0 komentar:

Poskan Komentar

PENGUMUMAN YANG PERLU ANDA KETAHUI

About This Blog


counter

ShoutMix chat widget

Blog Archive

  © Blogger template The Business Templates by Ourblogtemplates.com 2010

Back to TOP